Sabtu, 30 Januari 2010

Arah kiblat berubah?


Sebanyak 320.000 atau 40 persen dari 800.000 jumlah masjid di seluruh Indonesia mengalami pergeseran arah kiblat. Salah satu penyebabnya adalah bergesernya lempeng bumi dan musibah gempa bumi bertubi-tubi yang melanda Tanah Air. Direktur Urusan Agama Islam Kementerian Agama Rohadi Abdul Fatah mengatakan, angka tersebut diperoleh dari hasil penelitian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang menunjukkan adanya pergeseran arah kiblat dari ratusan ribu masjid tersebut.
Sementara data Kementerian Agama hingga saat ini sebanyak 20 persen atau 160.000 masjid yang mengalami pergeseran arah kiblat. Terkait ini, dalam waktu dekat Kementerian Agama akan mengumpulkan para pengusaha, pemilik pabrik, hotel, dan pemilik gedung-gedung yang menyediakan fasilitas masjid.

“Tidak tertutup kemungkinan angka itu terus bertambah. Di Jakarta saja setiap harinya ada 10 masjid yang minta diukur ulang, belum dari daerah-daerah lain. Hal yang pasti setiap hari kami banyak menerima pengurus masjid yang minta diukur masjidnya,” ujar Rohadi di Jakarta, kemarin.
Menurut Rohadi, jumlah daerah terbesar yang mengalami pergeseran arah kiblat masjid adalah Sumatera. Rohadi mengungkapkan wilayah Sumatera merupakan daerah yang kerap mengalami gempa bumi. Adapun untuk mengetahui arah kiblat masjid secara benar, saat ini Kementerian Agama telah memiliki alat ukur yang disebut Teodolip dan tersebar di 15 provinsi. Antara lain di Jawa Barat,Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Maluku, Sulawesi Selatan,dan Sulawesi Tengah.
Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan bahwa kesalahan penentuan kiblat yang banyak terjadi di beberapa masjid di Indonesia pembetulannya tidak harus dengan membongkar bangunan. “Tak harus dibongkar masjidnya, cukup posisi saf dan arah kiblatnya yang diubah,” paparnya.
Kementerian Agama akan menurunkan tim untuk melakukan pengukuran kembali. Sementara itu, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin membantah informasi yang menyebutkan bahwa arah kiblat ribuan masjid di Indonesia telah berubah. “Informasi itu tidak benar. Arah kiblat tidak akan berubah. Kalaupun memang arah kiblat salah, kemungkinan itu disebabkan dari penentuan saf di dalam masjid yang tidak sesuai dengan kiblat,” ujarnya.
Menurutnya, sejauh ini tidak ada data yang menyebut bahwa arah kiblat telah berubah. Satelit penginderaan jauh milik Lapan yang ada di atmosfer pun tidak menangkap indikasi tersebut. Pergeseran lempeng bumi juga tidak akan mengubah arah kiblat, kecuali telah berlangsung selama ratusan tahun.
Doktor astronomi dari Universitas Kyoto tersebut mengatakan, kemungkinan yang perlu diluruskan adalah posisi saf yang ada pada sejumlah bangunan masjid, terutama masjid-masjid lama yang dibangun hanya dengan menggunakan teknologi kompas dan perkiraan. Sebenarnya untuk menentukan arah kiblat sudah ada ketentuannya, yakni saat matahari tepat berada di atas Kota Mekkah.
Thomas mengatakan, peristiwa itu akan terjadi sekitar tanggal 26-30 Mei pukul 16.18 WIB dan 13-17 Juli pukul 16.27 WIB. Selain itu, penentuan arah kiblat juga bisa menggunakan peranti lunak Qibla Locator yang bisa diakses di alamat situs web www.qiblalocator.com. Alat ini dirancang antara lain oleh Ibn Mas’ud dengan menggunakan peranti lunak aplikasi Google Maps API v2,sejak 2006.

Rabu, 27 Januari 2010

Sand Fountain in Saudi Arabia





Allah Maha Besar . Itu lah kata-kata yang dapat menggambarkan video ini ,,

Selasa, 26 Januari 2010

Mesjid tidak runtuh sewaktu Gempa Haiti



sekitar beberapa hari yang lalu tentu kita di cengangkan dengan adanya gempa di haiti yang berkekuatan 7 scala Richter, tentu kita sudah membayangkan betapa besar gempa tersebut yang kira-kira gempa tersebut hampir sebesar gempa di padang. rumah - rumah, gedung - gedung hancur berantakan, tapi masih ada beberapa bangunan yang masih tegak kokoh yaitu MEsjid, ya mesjid di port-au-prince ini masih tegak berdiri seakan tidak peduli akan gempa tersebut, berikut adalah beberapa saksi mata yang melihat kejadian gempa tersbut, saksi mata tersebut adalah rombongan dari caribbeanmuslims.com, berikut kisahnya

"Kami tiba di Haiti dengan selamat. Waktu itu kami menetap untuk sementara di Masjid At-Tauhid di Port-au-Prince."

"Kami lantas segera bergerak, karena kami tahu saudara-saudara kami tidak memiliki makanan dan air yang cukup, sedangkan kondisi di kota sendiri luluh lantak. Siang dan malam, kami lihat orang-orang berdiri di antrian untuk mendapatkan minyak tanah.

"Saudara-saudara muslim waktu itu membantu kami membongkar truk yang membawa bantuan. Mereka, istri-istri dan anak-anak mereka senang sekali melihat makanan dan minuman. Melihat kami, mereka menangis tekbir "Allahu Akbar!" Mereka ternyata sedang menunggu kami sepanjang hari. Setelah pembongkaran, kami melaksanakan salat Isya' secara berjamaah. Semoga Allah membantu kami semua!

Pada pagi hari tanggal 20 Januari terjadi lagi gempa susulan dengan kapasitas 6.1 S.R.. "Saat itu kami berbaring untuk beristirahat setelah salat subuh, tapi tiba-tiba kami dibangunkan oleh getaran. Semua orang mulai meneriakkan syahadat dan bergegas ke jalan. Segala puji bagi Allah, beberapa bangunan di dekat masjid runtuh, tetapi masjid tetap berdiri kokoh. "

Masjid di Port-au-Prince saat itu berubah menjadi tempat penampungan bagi umat Islam dan untuk orang-orang non Islam. Mereka yang tidak betah di masjid, tinggal di tenda-tenda di sekitar masjid.

Banyak orang yang terluka dan membutuhkan perawatan medis, makanan dan air. Beberapa organisasi muslim non-pemerintah sebenarnya sudah mengirimkan bantuan, tetapi ternyata belum cukup untuk semua.

Minggu, 24 Januari 2010

Mesjid yang di bangun oleh seorang Kaum Dhuafa


kita kalau berusaha, pasti ada jalan, begitulah pepatah yang pantas untuk orang yang satu ini, beliau bukanlah orang kaya, beliau orang yang bisa dikatakan tidak mampu, tapi beliau mampu mendirikan mesjid di turki, mesjid itu bernama mesjid "Shanke Yadem” atau artinya "anggap saja sudah makan" mengapa di beri nama demikian? berikut ceritanya

Ceritanya begini :
Di sebuah kawasan Al-Fateh, di pinggiran kota Istanbul ada seorang yang wara’ dan sangat sederhana, namanya Khairuddin Afandi. Setiap kali ke pasar ia tidak membeli apa-apa. Saat merasa lapar dan ingin makan atau membeli sesuatu, seperti buah, daging atau manisan, ia berkata pada dirinya: Anggap saja sudah makan yang dalam bahasa Turkinya “ Shanke Yadem”

Nah, apa yang dia lakukan setelah itu? Uang yang seharusnya digunakan untuk membeli keperluan makanannya itu dimasukkan ke dalan kotak (tromol)… Begitulah yang dia lakukan setiap bulan dan sepanjang tahun. Ia mampu menahan dirinya untuk tidak makan dan belanja kecuali sebatas menjaga kelangsungan hidupnya saja.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun Khairuddin Afandi konsisten dengan amal dan niatnya yang kuat untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah masjid. Tanpa terasa, akhirnya Khairuddin Afandi mampu mengumpulkan dana untuk membangun sebuah masjid kecil di daerah tempat tinggalnya. Bentuknyapun sangat sederhana, sebuah pagar persegi empat, ditandai dengan dua menara di sebelah kiri dan kanannya, sedangkan di sebelah arah kiblat ditengahnya dibuat seperti mihrab.

walau sederhana, and bisa liat betapa banyaknya jamaah yang ada berikut gambarnya


ini membuktikan, orang yang miskin harta pun bisa berbuat amal yang begitu besar yaitu membuat mesjid, bagaimana dengan anda-anda yang mempunyai begitu banyak harta?

Rabu, 20 Januari 2010

Salju turun di madinah


pada tanggal 12 januari 2002 terjadi sebuah peristiwa yang membuat kita kagum atas kuasa Allah SWT, di madinah terjadi turunnya salju ! yang kita ketahui madinah adalah tempat yang TIDAK mungkin di datangi oleh salju,
tepatnya di daerah Tabuk 1500 km dari Riyad (Ibukota Arab Saudi) ketebalan salju mencapai 20 cm, dan di Yordania suhu mencapi titik beku (0 derajat celcius). Ternyata tahun-tahun terakhir ini di Jazirah Arab yang notabenenya gurus pasir panas, turunnya salju ini telah sering terjadi, tetapi hal ini ditutup-tutupi atau tidak dipublikasikan secara luas.



hal ini tentu mengundang segudang pertanyaan, kenapa hal tersebut bisa terjadi? tentu sebagai umat muslim, tidaklah aneh,, karena allah maha mengetahui segala apa yang manusia tidak ketahui, tentu ini adalah kekuasaan Allah SWT pencipta alam semesta. turunnya salju di arab saudi ini bukan merupakan hal yang aneh, karena hal ini telah diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu
berikut hadis dari muslim :
“Hari Akhir tidak akan datang kepada kita sampai dataran Arab sekali lagi menjadi dataran berpadang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai(HR Muslim) ” Dari Hadist rasulallah SAW di atas ada beberapa informasi yang didapat:

1. Informasi datangnya hari akhir / kiamat atau tanda-tandanya
2. pada jaman dahulu negeri arab atau daratan arab merupakan padang rumput yang subur dan indah
3. Nanti, dataran Arab sekali lagi akan menjadi padang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai, sebagai salah satu tanda datangnya hari kiamat.

Minggu, 17 Januari 2010

Tony Blair ternyata sudah tamat al-qur'an selama 3 kali !


tahukah anda? tony blair yang dulunya seorang Perdana menteri inggris sudah pernah tamat al-qur'an sampai 3 kali !. dulu, sewaktu ia masih menjadi PM inggris, ia pernah membuat heboh dengan politik "Assalamualaikum"nya. ternyata sewaktu ia masih jadi PM inggris ia serius mempelajari islam dengan membaca terjemahan Al-qur'an



Tak kurang dari 3 kali dia menamatkan bacaan Qur’annya. Bahkan dari pengakuannya dia selalu membawa Al Qur’an kemanapun dia pergi. Hal ini dia tiru dari Chelsea Clinton (putri Bill Clinton) yang pernah menghadiahkan sebuah Al Qur’an kepadanya dan di anggap sebagai orang yang merubah Tony Blair menjadi pembaca Al Qur’an.

Bagi Tony Blair Al Qur’an adalah sumber inspirasi dan keberanian. Didalamnya dia menemukan konsep kasih sayang dan persahabatan sebagai jiwa dari kemanusiaan. Dia juga memuji keyakinan Islam sebagai sesuatu yang “indah”.


Akhirnya ada pelajaran yang bisa kita renungkan, jika Tony Blair dan Chelsea yang non muslim selalu membawa Al Qur’an kemanapun mereka pergi, maka sebagai muslim sampai di manakah kita membawa Al Qur’an di dalam hidup dan kehidupan kita?

Di kenyataan selama ini kita saja yang muslim masih saja enggan untuk membaca al-quran. seharusnya kita malu yang non muslim saja baca al-quran kenapa kita tidak?

Sumber : berbagai sumber

Subhanallah, Al-qur'an tetap utuh di tengah kebakaran



Allah akan menunjukan kebesarannya kepada kita semua jika mereka semua percaya kepada Allah SWT, itulah yang terjadi waktu kebakaran mobil yang terjadi di jakarta beberapa pekan lalu, terjadi sebuah kebakaran hebat pada sebuah mobil, penyebab mobil itu terbakar di perkirakan karena ada bensin yang bocor, tapi sewaktu mobil dan isi-isinya telah hangus ada 1 benda yang masih utuh



yaitu, AL-QUR'AN, Subhanallah.... di antara puing-puing sehabis kebakaran, al-qur'an tersebut masih dalam kondisi yang luar biasa ! berikut gambar-gambarnya :








Sabtu, 16 Januari 2010

Hari Korupsi di dunia tersirat di Al - qur'an



Korupsi di negeri kita benar-benar sudah sangat parah karena sudah jadi kerak yang susah sekali di kikis, banyak korupsi terjadi dimana-mana disini membuktikan bahwa masih lemahnya iman kita terhadap yang di atas, karena makin banyaknya korupsi maka para pemerintah duniapun membentuk hari anti korupsi sedunia yang bertepat tanggal 9 desember, tapi tahukah anda? bahwa hal tersebut sudah ada di al qur'an?


Karena kerugiannya bukan hanya bersifat material namun juga rusaknya moral serta akhlak dimana manusia yang bersangkutan tidak bisa menjaga amanah yang telah dipercayakan padanya untuk di kelola dan dipegang. Korupsi bukan hanya dilakukan oleh seorang bos atau pemimpin, namun mulai dari kelas pegawai rendahan sekalipun sudah terjangkiti.

Entah apakah ini suatu kebetulan atau memang Allah sudah mengingatkan kita semua termasuk semua pemimpin umat dan pemimpin negara, pemimpin apapun yang ada untuk tetap menjaga amanah. Menjaga janji dan sumpah yang telah diucapkan. perhatiakanlah ayat Al-Quran dibawah ini Surat ke 9 Al-Quran yaitu Surat At-Taubah Ayat Ke-12 (Peringatan Hari Korupsi tanggal 9 Bulan 12) yang artinya:


Surat ke - 9 yaitu At - taubah ayat ke 12

Jika mereka merusak sumpah (janji)nya sesudah mereka berjanji, dan mereka mencerca agamamu, maka perangilah pemimpin-pemimpin orang-orang kafir itu, karena sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang (yang tidak dapat dipegang) janjinya, agar supaya mereka berhenti. [9 : 12]

Coba kita renungkan dan cerna maksud ayat diatas, apakah maksud Allah dalam ayat tersebut? ini mungkin bisa menjadi bahan refleksi serta koreksi bagi kita semua, karena kita semua hakekatnya adalah pemimpin, dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas amanah yang telah dipercayakan padanya. Kita coba untuk memberantas korupsi dari diri kita masing-masing kita cegah korupsi dari diri kita lingkungan kita. Semoga Allah Tuhan semesta alam memberikan berkah dan kebaikan bagi negeri yang sesungguhnya kaya raya ini.

Sesungguhnya ini semua adalah tanda dan perintah Allah pada kita semua yang beriman pada-Nya untuk melaksanakan dan menjaga amanah itu.


Kamis, 14 Januari 2010

Kubah Anti- Kiamat?


Sebuah bangunan sangat kuat yang dibangun di Kutub Utara untuk menyimpan biji-bijian dari seluruh dunia resmi difungsikan. Fasilitas yang disebut sebagai Kubah Kiamat (Doomsday Vault) ini dibuat di dalam sebuah gunung beku di Kepulauan Svalbard, Norwegia, 1100 kilometer dari kutub utara.
Kubah ini akan berfungsi untuk menyimpan biji-bijian dari seluruh dunia guna melindungi plasma nutfah. Harapannya, jika terjadi bencana besar yang melanda dunia, biji-bijian yang disimpan di kubah itu akan bisa menjadi sumber penyelamat manusia sebelum terjadi kelaparan.

Karena fungsi sebagai penyelamat manusia, maka kubah itu diberi nama Kubah Kiamat (Doomsday Vault). Kubah tersebut terletak di dalam sebuah gunung beku di Kepulauan Svalbard, Norwegia, 1100 kilometer dari Kutub Utara.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg menyebut bahwa Svalbard Global Seed Vault merupakan kebijakan penyelamatan kami. “Ini adalah ‘Bahtera Nuh’ untuk melindungi keragaman biologi generasi masa depan,” ujar Jens Stoltenberg dalam upacara peresmian kubah itu.



Setelah diresmikan, kubah yang berada di dalam perut gunung sedalam 127,5 meter ini akan menyimpan cadangan bibit dari ratusan bank benih dari seluruh dunia. Ruangan di dalamnya dapat memuat 4,5 juta sampel benih.

Kubah yang pembangunannya memakan biaya US$9,1 juta-hasil kerja sama Global Crop Diversity Trust, lembaga yang didanai badan PBB untuk urusan pangan atau FAO (Food and Agriculture Organization) dan Biodiversity Internasional yang berbasis di Roma, Italia-diharapkan benar-benar bisa jadi solusi masa depan demi kelangsungan kehidupan manusia.

dari bacaan di atas,timbullah pertanyaan , tepatnya dapatkah manusia bisa selamat dari kiamat? tentu menurut Al-quran surat Al - qariah ayat 4 yang artinya "pada hari itu (kiamat) manusia bagai anai-anai yang beterbangan" tentu ini sudah menjelaskan bahwa pada kiamat tidak ada SATUPUN manusia yang dapat bertahan, semoga artikel ini dpat bermanfaat untuk semua,amin (edited by okky)

Tanda - tanda kiamat menurut Rasulullah SAW



Daripada Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: “Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari qiamat”.


Lalu Nabi saw. bersabda: “Tidak akan terjadi hari qiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”.

H.R Muslimi

Keterangan:
Sepuluh tanda-tanda qiamat yang disebutkan Rasulullah saw. dalam hadis ini adalah tanda-tanda qiamat yang besar-besar, akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat. Sepuluh tanda itu ialah:

1. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti selsema di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.
2. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan meragut keimanan, hinggakan ramai orang yang akan terpedaya dengan seruannya.
3. Dabbah-Binatang besar yang keluar berhampiran Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahawa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt.
4. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Maka pada saat itu Allah swt. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat daripada orang yang berdosa.
5. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahadi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristian dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal.
6. Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini, iaitu apabila mereka berjaya menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.
7. Gempa bumi di Timur.. Bisa jadi ini mengacu kepada gempa di China, Tsunami di Aceh.
8. Gempa bumi di Barat. Bisa jadi ini akan terjadi di daerah Mexico, Argentina, Brazilia dan negara-negara Amerika Latin
9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.. Kemungkinan kasus longsor di Mesir sebagai pembukanya.
10. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman. (Apa ini bahaya Nuklir?)

Mengikut pendapat Imam Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari beliau mengatakan: “Apa yang dapat dirajihkan (pendapat yang terpilih) dari himpunan hadis-hadis Rasulullah Saw. bahawa keluarnya Dajal adalah yang mendahului segala petanda-petanda besar yang mengakibatkan perubahan besar yang berlaku dipermukaan bumi ini. Keadaan itu akan disudahi dengan kematian Nabi Isa alaihissalam (setelah belian turun dari langit). Kemudian terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya adalah permulaan tanda-tanda qiamat yang besar yang akan merusakkan sistem alam cakrawala yang mana kejadian ini akan disudahi dengan terjadinya peristiwa qiamat yang dahsyat itu. Barangkali keluarnya binatang yang disebutkan itu adalah terjadi di hari yang matahari pada waktu itu terbit dari tempat tenggelamnya”.

Sumber : penulis


Rabu, 13 Januari 2010

Napoleon Bonaparte adalah seorang muslim


Napoleon bonaparte adalah seorang kaisar yang berasal dari perancis, beliau lahir di ajaccio, corcosia pada tahun 1769. sebagai seorang jendral, beliau bertanggung jawab terhadap negaranya. Dan tentu pada zaman itu, seorang jendral adalah orang yang sangat di hormati di masyarakat, namun, kemegahan dunia belum bisa memuaskan batinnya. Agama yang selama ini di anutnya tidak memberikannya ketentraman.

Dan akhirnya pada tanggal 02 juli 1798, beliau menyatakan keislamannya di hadapan dunia. Mengapa sang jendral dapat begitu tertarik dengan islam? berikut info yang saya dapat dari beberapa situs dan sudah saya translatekan:

napoleon berkata :

"Saya membaca Bible; Musa adalah orang yang cakap, sedang orang Yahudi
adalah bangsat, pengecut dan jahat. Adakah sesuatu yang lebih dahsyat
daripada kisah Lut beserta kedua puterinya ?" (Lihat Kejadian 19:30-38)


lalu napoleon berkata lagi :

"Agama-agama itu selalu didasarkan pada hal-hal yang ajaib, seperti halnya
Trinitas yang sulit dipahami. Yesus memanggil dirinya sebagai anak Tuhan,
padahal ia keturunan Daud. Saya lebih meyakini agama yang dibawa oleh
Muhammad. Islam terhindar jauh dari kelucuan-kelucuan ritual seperti yang
terdapat didalam agama kita (Kristen); Bangsa Turki juga menyebut kita
sebagai orang-orang penyembah berhala dan dewa."


selanjutnya beliau berkata lagi :

"Dengan penuh kepastian saya telah mengatakan kepada anda semua pada
kesempatan yang berbeda, dan saya harus memperjelas lagi kepada anda
disetiap ceramah, bahwa saya adalah seorang Muslim, dan saya memuliakan nabi
Muhammad serta mencintai orang-orang Islam."

akhirnya beliaupun berkata :

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada Tuhan selain
Allah. Ia tidak beranak dan Ia mengatur segala makhlukNya tanpa pendamping."


napoleon sebelumnya sudah membandingkan antara Al-qur'an dan Bible, namun beliau merasa Al-qur'an lebih sempurna di banding Bible